Apa Itu Cyber Campus?

Apa itu Cyber Campus?

Cyber Campus adalah bentuk upaya untuk menjadikan kampus tersebut berbasis teknologi informasi. Usaha tersebut diterapkan di semua lini. Mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, fasilitas, maupun sarana dan prasarana lainnya. itu semua dikembangkan dengan berbasis teknologi.

cyber campus sendiri itu seperti pembelajara nmenggunakan kecanggihan teknologi , jadi disini itujara k bukan suatu masalah lagi . jadi siswa yang di kost bisa tetap mengikuti pelajaran dari dosen menggunakan live conference . nah disini internet dan laptop sangat dibutuhkan . kita juga bisa absensi secara online , kita sudah tidak perluber tatap muka secara langsung dengan dosen .

kita juga bisa menggunakan virtual library , kita cumaperlu download aja lalu sebuah buku bisa kita miliki secara virtual didalam laptop/handphone kita .Sungguh enak sekali , tidak perlu mahal-mahal membeli buku , tidak perlu repot-repot membawa buku yang tebal-tebal dan berat. lalu setiap dosen juga perlu dilengkapi dengan sebuah portal khusus berisi informasi menegani dosen , waktu ujian ,dan materi kuliah . kadang seminggu 3x diadakan live teaching yaitu dosen mengajar live lalu para siswa menyimak lewat portal dosen tersebut . kalau materi yang diajarkan kuranng jelas bisa langsung bertanya dengan dosen lewat personal chat . jadi disini dosen harus siap melayani siswa setidaktidaknya 18 jam/hari.

Nah pihak kampus juga harus menyediakan sebuah discussion portal untuk para mahasiswa berdiskusi sesuai dengan tema discussion portal tersebut.Lalu dibuat juga forum forum tentang UKM,Beasiswa organisasi, jadi seluruh informasi sekarang sudah online tanpa adanya tempel menempel pada papan pengumuman.Tapi jika kita praktek kita memang harusdatang kelab.

Walaupun kedengaranya hebat dan enak , tetapi cyber campus sendiri memiliki banyakke lemahan diantaranya kita wajib mengeluarkan biaya yang mahal disamping pasti gaji dosennaik,juga kita harus beli laptop,beli modem,beli kuota . dan juga chemistry antara kita dan dosen tidak bisa terbangun karena memang semua serba online , dibandingkan dengan tradisional kampus yang setiap hari kitab ertatap muka secara langsung.Walaupun demikian ,cyber campus harus di tester lebih dahulu , minimal 5 tahun . jika memang lancar , kita pantas menerapkanya pada pendidikan di indonesia.

Sumber : http://tefur88.blogspot.com/2010/12/apa-itu-cyber-university.html
http://www.kompasiana.com/akbarisation/wujudkan-kampus-berbasis-teknologi-yang-efektifitas-dan-efisiensi_5510637c813311a839bc64f4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *